Rabu, 01 Februari 2012

Cara Membuat Foundation Double Crochet (fdc)

Foundation Double Crochet (fdc) adalah pondasi atau awalan dengan menggunakan double crochet tanpa membuat chain panjang terlebih dahulu. Biasanya tusukan ini digunakan untuk membuat project seperti sepatu bayi dll.


Cara membuatnya adalah sbb:
1. Buat chain sebanyak 3 chain. Kaitkan benang pada pada jarum, masukkan jarum pada chain ketiga, kaitkan benang dan tarik melalui satu lubang (terbuat satu chain), kaitkan benang kemudian tarik melalui dua lubang. Foundation Double Crochet yang pertama sudah jadi Lihat gambar 1.


fdc gambar 1
2. Kaitkan benang, masukkan jarum dibawah 2 lubang yang sudah di buat sebelumnya, kaitkan benang sehingga ada 3 buah tusukan yang terkait dalam jarum. Lihat gambar 2.


fdc gambar 2
3. Setelah mengaitkan benang, tarik jarum melalui satu lubang (terbentuk 1 chain), [kaitkan benang kembali tarik melaui dua lubang] kerjakan sebanyak dua kali. Hasilnya, lihat pada gambar 3.


fdc gambar 3
4. Kaitkan benang, masukkan jarum di bawah dua lubang pada chain paling bawah, perhatikan gambar 4, kaitkan benang lagi sehingga terbentuk 3 tusukan dalam jarum, kaitkan benang dan tarik jarum melalui satu lubang (terbentuk 1 chain) [kaitkan benang dan tarik melalui 2 lubang] lakukan sebanyak dua kali.


fdc gambar 4


5. Ulangi langkah nomer 1 sampai nomer 4 hingga sesuai dengan kebutuhan pola. Lihat gambar 5.


fdc gambar 5


Semoga tutorial ini dapat membantu.


Salam Rajut Merajut


Follow me on twitter @Noriez

5 komentar:

  1. awalnya susah banget ngikutin polanya. tapi setelah hampir sejam berkutat merhatiin alur gambarnya, akhirnya saya berhasil!!!!!!! makasih ya mba ...

    BalasHapus
  2. sama-sama, pada dasarnya sama seperti membuat dc kok, cuma gak di awali dengan rantai, jadi rantainya dibuat sebelum membuat dc terlebih dahulu :)

    BalasHapus
  3. kakak,updatin pola bentuk lope2 dumb
    susah bgt buatinny
    >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa, ditunggu yaa.. :)
      Pengennya update macem-macem, tapi waktunya selalu kurang :D

      Hapus
  4. kakak,updatin pola bentuk lope2 dumb
    susah bgt buatinny
    >,<

    BalasHapus

tinggalin komen,
atau mention @Noriez | @RajutMerajut untuk pertanyaan yg butuh respon cepat :D