Wednesday, June 19, 2013

Cara Mengurangi Rasa Lelah Setelah Merajut (Crochet)

Salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh para perajut khususnya perenda (crocheter) adalah kelelahan setelah merajut. Kelelahan ini bisa dirasakan pada tangan kanan atau kiri (pada perajut kidal) di bagian pundak hingga telapak tangan.

Berikut adalah salah satu cara mengurangi rasa lelah atau pegal yang terjadi setelah merajut yang dikutip dari halaman crochetconcupiscence.com

1. Gunakan Ergonomic Crochet Hooks
Ergonomic Crochet Hooks adalah alat rajut yang dijual khusus untuk mengurangi rasa sakit pada tangan atau pundak setelah merajut. Jarum rajut ergonomic ini memang lebih mahal dibanding jarum rajut yang lain. Beberapa merk jarum rajut ergonomic ini antara lain Clover, atau Tulip Etimo. Jika Rajuters tidak memiliki jarum rajut ergonomic ini, Rajuters bisa menggantinya dengan jarum rajut yang memiliki pegangan lebih besar dibanding dengan jarumnya. Selain itu, cara memegang jarum pun mempengaruhi tingkat kelelahan yang dihasilkan. Misalnya, jika Rajuters terbiasa menggenggam jarum seperti memegang pisau, cobala menggantinya dengan menggenggamnya seperti menggenggam pensil :)

2. Pemilihan Benang Rajut yang Benar
Tahukah Rajuter, bila pemilihan benang yang digunakan juga mempengaruhi mudah lelah atau tidaknya saat merajut? Ya, semakin lembut dan mudah dikaitnya benang rajut, maka tingkat kelelahan yang dihasilkan juga semakin rendah. Sedangkan untuk merajut benang yang berwarna gelap seperti hitam, merajutlah dibawah sinar yang terang agar mata tidak mudah lelah.

3. Bantal
Untuk mengurangi lelah pada punggung, bersandarlah pada bantal besar. Ini, membuat punggung menjadi nyaman dalam posisi enak (pewe) :D

4. Istirahat dan Olahraga Ringan
Istirahat setelah merajut diperlukan setelah Rajuters menyelesaikan sebuah proyek. Sebelum pindah ke proyek berikutnya, gunakanlah waktu yang tersisa untuk beristirahat dan melakukan olahraga ringan sekedar stretching.

5. Obat
Pada sebagian Rajuters, mungkin sering mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri. Bisa obat yang dikonsumsi secara langsung, atau berupa obat gosok untuk dioles dibagian yang terasa nyeri. Ini sah-sah saja, selagi tidak melebihi aturan pakai ya Rajuters.

Semoga info diatas bermanfaat yaa, Rajuters :)

No comments:

Post a Comment

tinggalin komen,
atau mention @Noriez | @RajutMerajut untuk pertanyaan yg butuh respon cepat :D