Saturday, January 21, 2012

Cara Mencuci Hasil Rajutan

Mencuci hasil rajutan, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Seperti halnya mencuci  kain, setiap jenis kain membutuhkan cara perawatan yang berbeda-beda. Demikian pula dengan hasil rajutan. Untuk mencuci hasil rajutan, diperlukan air hangat. Mengapa harus menggunakan air hangat? Karena air hangat mampu membuat ikatan rajutan yang kendur menjadi terikat kembali (tidak mulur).

Sebelum mencuci hasil rajutan, pastikan kombinasi benang  yang digunakan pada saat merajut tidak luntur. Biasanya, saya menanyakan kepada penjual benang apakah benang yang akan saya beli, luntur atau tidak. Apabila luntur, jangan mengkombinasikan rajutan dengan benang warna putih agar pada saat mencuci, warna putih pada rajutan tidak pudar karena luntur. Berikut adalah cara mencuci hasil rajutan:
  1. Siapkan air hangat, beri detergen secukupnya. Apabila hasil rajutan yang ingin dicuci berwarna dasar putih polos dan ingin diberi pemutih, beri pemutih secukupnya. Rendam beberapa menit sampai air hangat menjadi lebih dingin.
  2. Kucek perlahan agar benang tidak rusak.
  3. Bilas hasil rajutan dengan menggunakan air hangat, bilas kembali menggunakan air dingin.
  4. Peras perlahan, dan jemur di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Noriez

No comments:

Post a Comment

tinggalin komen,
atau mention @Noriez | @RajutMerajut untuk pertanyaan yg butuh respon cepat :D