Monday, May 21, 2012

Crochet Bag : Simple Square

Dear Rajuters, ini adalah kali pertamanya saya mencoba membuat sebuah tas yang ukurannya bisa dibilang besar lho. Sebelumnya, saya cuma bikin tas yang ukurannya kecil. Karena pengulangan pola yang terlalu sering bikin saya cepet bosen :D 

Pas nemu square ini, saya langsung kepikiran kenapa gak saya coba bikin tas aja? Yuk simak langkah-langkahnya :)




Material : Benang Polyester 2 Gulung (terdiri dari 2 warna sesuai warna favorite), Resleting ukuran 30 cm. Untuk berjaga-jaga tambahkan 1 gulung lagi ya, sebab untuk 12 square ini, 2 gulung benang pas banget :D
Alat : Jarum hakken no.4, jarum tapestry, gunting, mistar atau meteran untuk mengukur.

Skill Level : Beginner - Easy

Pola Square
Untuk pola square, buat 6 square dengan bentuk persegi ukuran 10x10cm (untuk pola pertama) dengan satu warna dasar, kemudian untuk tepiannya gunakan warna lain (contrasting color). Kerjakan sebaliknya untuk sisa 6 pola yang lain.

Pola Dasar (Pola Pertama) :
Baris 1 : 28 fsc (foundation single crochet), balik
Baris 2 : Ch 1 (hitung sebagai sc), 2 dc di st pertama, *sk 2 sts, (sc, 2 dc) di st berikutnya; ulangi langkah * sampai 3 sts terakhir, sk 2 sts, sc di ujung st, balik.
Baris 3 : Ch 1 (hitung sebagai sc), 2 dc di st pertama, *sk 2 dc, (sc, 2 dc) di sc berikutnya; ulangi langkah * hingga 2 sts terakhir, sk 2 dc, sc di ch terakhir baris sebelumnya, balik
Baris 4 dst : Ulangi langkah pada baris ke-3 hingga panjang square 10 cm dan membentuk sebuah persegi.
Baris terakhir : Sc di setiap st. Matikan benang, rapihkan

Edging Tepian :
(ganti warna benang)


Baris 1 : (kerjakan bersambung seperti membuat sebuah kotak persegi) mulai dengan sl st untuk menyambung benang, ch 1, sc di st yang sama, sc sampai baris akhir sisi pertama sebelum membentuk sudut 90 derajat di sisi kedua, pada ujung pola yang membentuk sudut 90 derajat ini, isi dengan 3 sc pada st yang sama. Kerjakan langkah yang sama disetiap sisi pola sampai pola tertutup. Kemudian sambung dengan sl st pada st pertama, balik.
Baris 2 : (Kerjakan bersambung juga) ch 3, dc di st berikutnya, dc disetiap baris hingga akhir pola sisi pertama, kemudian di ujung pola sisi pertama yang membentuk 90 derajat, isi dengan 3 dc pada st yang sama. Kerjakan langkah yang sama di setiap sisi pola sampai pola tertutup. Kemudian sambungan dengan sl st pada ch ke 3 pertama. Matikan benang, rapihkan.

Kerjakan sebanyak 12 square pola. Untuk menyambung square-square tersebut, gunakan tusuk whipstitch menggunakan jarum tapestry. Untuk susunan pola, bebas. Kalau saya, 6 yang sama disisi pertama masing-masing tas. (lihat gambar)

Setelah terbentuk seperti sebuah kantong, pasang resleting. Untuk tali, saya memakai benang bulky yang di pada ujung pertama dimasukkan benang bulky dengan ukuran kira-kira 2 meter (seperti langkah akan membuat rumbai) hanya saja setelah juntaian benang tersambung pada ujung baris, bentuk menjadi sebuah kepangan. Di ujung tas yang berlawanan biarkan sisa benang menjuntai sebagai hiasan. Tali tas ini optional yaa temen-temen. Jadi kalau ada yang mau pake tali dengan benang dan warna yang senada gak masalah. Pengerjaannya juga bisa disesuaikan sama variasi masing-masing. Atau kalau mau diganti dengan tali tas khusus juga oke :)  

Pada bagian ini, bentuk tas hanya seperti sebuah kantong, agar tas bisa didudukkan, bagian bawah dalam tas kiri dan kanan, dimasukkan kedalam seperti sebuah segitiga, jahit pada bagian dalamnya. Rapihkan sisa benang. (lihat keterangan gambar) Untuk merapihkan benang polyester, selipkan benang-benang yang menjuntai, kemudian bakar ujungnya dengan menggunakan api kecil agar tidak "mbruwul".

Untuk hiasan, bisa ditambahkan bunga mawar rajut yang besar. Jadi deh :)

Silahkan dicoba dan kalau sudah jadi, boleh dishare via twitter atau fanspage @RajutMerajut yaa :)

Salam Rajuters,

No comments:

Post a Comment

tinggalin komen,
atau mention @Noriez | @RajutMerajut untuk pertanyaan yg butuh respon cepat :D