Rabu, 23 Mei 2012

Crochet : Hot Blue Cross Slouch Beret


Slouch Beret



Sebenernya, sudah lama banget pengen posting pola topi beret yang satu. Karena permintaan temen-temen Rajuters di Fanspage Rajut Merajut banyak sekali. Tapi maaf yaa, baru bisa update sekarang ini :) Yuk disimak.. 

Pola Topi ini untuk ukuran kepala orang dewasa
Material : 1 Gulung (100gram) Benang Katun Lokal Polos warna Biru
Alat : Jarum Hakken no.4
Skill Level : Intermediate

nb : beret ini dibuat dari bagian bawah kemudian keatas.

Stitch Guide : (tusukan khusus)
Treble Cross (TrX): (Multiple of 3 sts)
yo dua kali, masukkan jarum pada st berikutnya, yo kemudian tarik keluar melalui lubang (4 helai benang yang terkait pada jarum), yo, kemudian tarik keluar melalui 2 lubang (sisa 3 helai benang pada jarum), skip st berikutnya, yo, masukkan jarum kedalam st berikutnya, yo kemudian tarik keluar melalui lubang (terdapat 5 helai benang yang terkait pada jarum), [yo, keluarkan melalui 2 lubang] kerjakan sebanyak 4 kali (sisa 1 helai benang yang terkait pada jarum), ch 1, yo, masukkan jarum pada pertengahan lubang yang sudah dibuat sehingga pola hampir membentuk huruf X, yo dan keluarkan melalui lubang, [yo, keluarkan melalui 2 lubang] kerjakan 2x.
 

Pola Beret
ch 120, sl st di ch pertama untuk membentuk sebuah lingkaran.
Baris 1: ch 1, sc di setiap ch hingga lingkaran tertutup termasuk sl st sambungan pada baris sebelumnya. Sl st pada sc pertama untuk menyambung--total 120 sts.
Baris 2: ch 1, sc blo (back loop only) disetiap st sampai akhir baris, sambung dengan sl st pada sc pertama--total 120 sts.
Baris 3-6: ulangi langkah baris ke-2.
Baris 7: ch 1, sc di sc pertama, *2sc di sc berikutnya, sc di 2 sc berikutnya, 2 sc di sc berikutnya **, sc di sc berikutnya; ulangi langkah * sampai akhir **.
Baris 8: ch 4, TrX (baca stitch Guide) kerjakan di 3 sts kedepan; ulangi langkah * hingga akhir baris. Pada bagian akhir, saat tusukan akan membentuk huruf X, sl st di ch ke-4 pertama, total-60 TrX
Baris 9: ch 1, sc di setiap st dan ch-sp sampai akhir baris, sl st pada sc pertama untuk menyambung--total 180sc. (lihat diagram untuk pola baris 1-9)


diagram baris 1-9
Baris 10-19: Ulangi langkah baris 8 dan 9 sebanyak 5 kali.
Baris 20: Ulang langkah baris 8.
Baris 21 (baris pengurangan): ch1, *sc4tog, sc disetiap st sampai 26 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sambung dengan sl st pada st pertama--total 162 sts.
Baris 22: ulangi langkah baris 8--total 54 TrX.
Baris 23 (baris pengurangan): ch 1, *sc4tog, sc di setiap st sampai 23 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sambung dengan sl st pada st pertama--total 144 sts.
Baris 24: Ulangi langkah baris 8--total 48 TrX.
Baris 25 (baris pengurangan): ch1, *sc4tog, sc di setiap st sampai 20 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sambung dengan sl st pada st pertama--total 126 sts.
Baris 26: ulangi langkah baris 8--total 42 TrX
Baris 27 (baris pengurangan): ch1, *sc4tog, sc di setiap st sampai 17 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sambung dengan sl st pada st pertama--total 108 sts.
Baris 28: ulangi langkah baris 8--total 36 TrX
Baris 29 (baris pengurangan): ch1, *sc4tog, sc disetiap st sampai 14 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sambung dengan sl st pada st pertama--total 90 sts.
Baris 30: Ulangi langkah baris 8--total 30 TrX
Baris 31 (baris pengurangan): ch1, *sc4tog, sc disetiap st sambai 11 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sambung dengan sl st pada st pertama--total 72 sts.
Baris 32: ch1, *sc3tog blo (back loop only), sc disetiap st sampai 9 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sl st di st pertama--total 60 sts.Baris 33: ch 1, *sc3tog blo, sc di setiap st sampai 7 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sl st pada st pertama untuk menyambung--total 48 sts. Baris 34: ch 1, *sc3tog blo, sc di setiap st sampai 5 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sl sl pada st pertama untuk menyambung--total 36 sts.
Baris 35: ch 1, *sc3tog blo, sc di setiap st sampai 3 sc berikutnya; ulangi langkah * hingga ujung baris, sl st pada st pertama untuk menyambung--total 24 sts.
Baris 36: ch 1, *sc3tog blo, sc di setiap sc; ulangi langkah * hingga ujung baris, sl st pada st pertama untuk menyambung--total 12 sts.
Baris 37: ch 1, sc2tog blo disetiap st, sl st pada st pertama untuk menyambung--total 6 sts. Matikan benang. Sisakan agak panjang.


diagram baris 27 - akhir




Finishing: 
Dengan menggunakan sisa benang yang masih menjuntai, pasang sebuah kancing batok kelapa untuk menutupi lubang atas. Rapihkan benang yang masih menjuntai.

Selamat mencoba :)
Noriez

3 komentar:

  1. ijin nyontek buat anakku yaaa....
    salam kenal.... :)
    dian

    BalasHapus
  2. suka pola ini, moga2 bisa jadi bagus kalo aku yang bikin ^^

    BalasHapus

Tinggalin komentar, atau follow instagram @rajut.merajut untuk info dan produk terbaru :)