Selasa, 28 Januari 2014

Pola : Topi Rajut Jaring Bunga for Baby Girl Newborn

Topi Rajut Bayi, Topi Bayi Baru lahir, Pola TOpi rajut bayi, Free crochet baby hat pattern, free pattern, pola topi rajut bayi baru lahir, jual topi rajut bayi

Bismillah, untuk kawan rajut yang ingin mencoba membuat topi rajut bayi. Kali ini saya tuliskan pola topi rajut jaring bunga untuk bayi perempuan baru lahir. Pola ini asli buatan saya, dan apabila ada kawan rajut yang ingin meng-copy isi pola, mohon cantumkan sumbernya. Budayakan untuk jujur dan tidak membajak yaa..

Kalian juga bisa mendownload pola topi rajut jaring bunga ini dalam bentuk PDF yang siap cetak, disini.


Material

  • Katun Big Ply warna putih untuk topi. Katun Big Ply warna abu dan soft pink untuk pola bunga.
  • Kancing motif untuk aksen bunga (optional, bisa diganti manik-manik atau buttom lain)

Alat

  • Jarum hakken tulip no.6

Finishing size

Untuk baby girl newborn, dengan lingkar topi 43-45cm dan tinggi 15cm.

POLA TOPI

Baris 1 

Mulai dengan magic ring untuk membuat lingkaran. Ch 4 (hitung sebagai dc dan ch 1), dc di stich berikutnya, ch 1, *dc di stich berikutnya, ch 1. Ulangi langkah * hingga akhir baris, sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. --total 9 dc, 8 ch.

Baris 2

Ch 3 (hitung sebagai dc), ch 1, dc di 2 stich berikutnya. *ch 1, dc di 2 sitch berikutnya. Ulangi langkah * sebanyak 7x. Ch 1, dc di stitch pertama. Sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. --total 18 dc, 8 ch.

Baris 3 

Ch 3 (hitung sebagai dc), ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya. *ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya. Ulangi langkah * hingga akhir baris, ch 1, sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. --total 18 dc, 18 ch.

Baris 4

Ch 3 (hitung sebagai dc), ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, skip 1, 2 dc di stich berikutnya. *ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, skip 1, 2 dc di stich berikutnya. *ulangi langkah * sebanyak 7x. Ch 1, skip 1, dc di stich pertama. Sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. – total 27 dc, 18 ch.

Baris 5 

Ch 3 (hitung sebagai dc), ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya. * ch 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya. Ulangi langkah * hingga akhir baris, ch 1, sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. --total 27 dc, 27 ch.

Baris 6 

Ch 3 (hitung sebagai dc), ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, skip 1, 2 dc di stich berikutnya. *ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, skip 1, dc di stitch berikutnya, ch 1, skip 1, 2 dc di stich berikutnya. *ulangi langkah * sebanyak 7x. Ch 1, skip 1, dc di stich pertama. Sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. – total 36 dc, 27 ch.

Baris 7 

Ch 3 (hitung sebagai dc), ch 1, skip 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya. * ch 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya, ch 1, dc di stich berikutnya. Ulangi langkah * hingga akhir baris, ch 1, sambung dengan sl st di ch ke 3 pertama. --total 36 dc, 36 ch.

Baris 8 s.d 13

Ulangi langkah baris ke 7.

Baris 14

ch 2 (hitung sebagai hdc), hdc di setiap stich hingga akhir baris. Sambung dengan sl st di ch ke 2 pertama. --total 72 hdc.

Baris 15 s.d 17 

Ulangi langkah baris ke 14. Matikan benang dan rapihkan.

POLA BUNGA

Dengan benang warna soft pink, mulai dengan magic ring untuk membuat lingkaran.

Baris 1 : Ch 5, sc di dalam lingkaran, * ch 5, sc di dalam lingkaran. Ulangi langkah * sebanyak 4x. Sambung dengan sl st dalam lingkaran. --total 5 kelopak bunga rantai 5.
Baris 2 : Ch 1, *sc, hdc, 5 dc, hdc, sc. Kerjakan langkah * dalam setiap kelopak bunga rantai. Sambung dengan sl st di ch 1 pertama. –- total 5 kelopak bunga.
Baris 3 : Balik bunga. Kerjakan dari bagian belakang bunga untuk membentuk kelopak bunga rantai yang kedua. * ch 8, sc dalam setiap sambungan kelopak bunga. Ulangi langkah * sebanyak 4x. Sambung dengan sl st di sambungan kelopak bunga rantai pertama. Matikan benang. – total 5 kelopak bunga rantai 8.
Baris 4 : Ganti warna benang abu. Balik bunga. Kerjakan dari bagian depan bunga menghadap ke atas. Kerjakan di awal kelopak bunga rantai 8. ch 1, *sc, hdc, 3 dc, 3 tr, 3 dc, hdc, sc. Kerjakan langkah * di setiap kelopak bunga rantai. Sambung dengan sl st di ch 1 pertama. --total 5 kelopak bunga. Matikan benang. Rapihkan, pasang bottom. Pasang bunga pada topi.


Selamat mencoba ^^ Bagi sahabat Rajuters atau calon Ibu yang ingin dibuatkan topi rajut untuk bayinya, silahkan order dengan cara sms/wa ke 085712422253 atau via BBM dengan PIN by Request.

Jangan lupa juga untuk memfollow twitter @RajutMerajut atau instagram norikadewi ^^

4 komentar:

  1. wah makasih yaaa,,,besok kalau bikin kado buat keponakan bisa pake pola ini...

    BalasHapus
  2. Sama-sama, selamat mencoba ^^

    BalasHapus
  3. Sama-sama, selamat mencoba ^^

    BalasHapus
  4. salam kenal mba norika,

    sebelumnya mksi ud share pola topinya nih. saya baru aja coba bkin mba, tp saya g berhasil bikin sampai baris ke 5 mba. baris ke 5 saya kok jadinya lebih dari 27 dc ya.
    tolong bantuannya mba, makasiih :)

    BalasHapus

Tinggalin komentar, atau follow instagram @rajut.merajut untuk info dan produk terbaru :)