Friday, February 3, 2012

Pattern : Crochet Wristers

wristers by Noriez
Sudah lama yaa, tidak share pola. Kali ini, saya ingin membagikan pola crochet yang saya dapat dari web redheart.com. Karena ini wristers yang biasa dipakai para 'bule' saat musim dingin, maka bentuknya hanya setengah telapak tangan saja. Sementara bagian jarinya terbuka. Karena di Indonesia tidak ada musim dingin, maka wristers ini bisa digunakan saat mengendarai sepeda motor agar punggung telapak tangan tidak hitam separuh :D

Berhubung disini saya menggunakan benang katun lokal sembur yang warnanya cukup ramai, maka bentuk polanya mungkin terlihat tidak tampak. Tapi hasil aslinya, bisa dibilang cantik lho.. :)

Semoga pola saya bermanfaat yaa. Bagi yang ingin mencoba, silahkan mencoba dan bila ada yang ingin ditanyakan bisa disampaikan lewat twitter @rajutmerajut ataupun facebook.

Easy Winter Crochet Wristers
Desain oleh Kim Kotary

Level : Easy (Mudah)

Alat dan Bahan:
-- Katun Lokal Sembur (warna bisa disesuaikan)
-- Jarum Hakken nomor 3
-- Penanda (bisa menggunakan benang)

Gauge : 28 sts = 4 inc (10 cm) Sesuaikan supaya hasilnya tidak kebesaran yaa.

Tusuk yang dipakai :
Ch : Chain -- tusuk rantai
Sc : Single Crochet -- tusuk tunggal
Dc : Double Crochet -- tusuk ganda
Sl st : Slip stitch -- tusuk sisip 
St : stich -- lubang tusukan
Fbdc : Front Post Double Crochet -- tusuk ganda dari depan
Bpdc : Back Post Double Crochet  -- tusuk ganda dari belakang

Bagian Tangan Kanan
Mulai dengan ch 40, sambung dengan sl st di ch pertama

pola baris 1-5
Baris 1 : ch 3 (hitung sebagai dc), dc di setiap ch, sambung dengan sl st di ch ketiga yang dihitung sebagai dc -- total 40 sts
Baris 2-5 : ch 2, bpdc di st selanjutnya, *fpdc di st selanjutnya, bpdc di st selanjutnya, ulangi * hingga ujung barus, sambung dengan sl st di setiap ch ke dua.
Baris 6 : ch 1, sc di st yang sama. *ch 2, lewati setiap bpdc, sc di setiap fpdc, ulangi * disetiap baris, sampai akhir **, sc di sc pertama yang dibuat -- total 20 ch, 20 sps.

Mulai dari baris ke 7, lakukan secara bersambung setiap baris (jangan disambung dengan sl sl)
pola baris 1-10
Baris 7 & 8 : *ch 2, sc di sc selanjutnya, ulangi dari * sampai akhir. Pasang penanda menggunakan benang berwarna kontras setiap kali akan memulai baris baru.
Baris 9 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] lakukan sebanyak 19x, ch 2, sc di spaces selanjutnya, ch 2, sc di sc terakhir -- total 21 ch - 22 sps. Pindah penanda.
Baris 10 : Ulangi baris ke 7.





Ruas Jempol Kanan (Ibu Jari)
pola chain ruas jempol
Baris 11 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] lakukan sebanyak 20x, ch 2, 2 sc di sc yang diberi tanda -- sehingga ada 2 sc dibagian sps. Pasang penanda di sc kedua ini.
Baris 12 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] lakukan sebanyak 20x, ch 2, sc di sc pertama sebelum penanda, 2 sc di dalam sc yang ditandai -- total 3 sc dalam sps yang diberi tanda. Selalu pindah penanda di sc terakhir.
Baris 13 - 26 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] lakukan sebanyak 20x, ch 2, sc di setiap sc dalam sts, 2 sc di setiap sc terakhir yang ditandai -- total 17 sc dalam sps yang diberi tanda pada baris 26.

Telapak tangan :
Baris 27 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] lakukan sebanyak 21 x, ch 2, skip (lewati) 16 sc dalam ruas jempol, sc di sc selanjutnya -- total 22 sc
Baris 28 : ulangi baris ke-7

Pangkal Tulang Jari :
Baris 29 : ch 3, dc disetiap sps, *dc di sc selanjutnya, dc di sps selanjutnya; ulangi * sampai ujung baris, sambung dengan sl st di ch ke tiga -- total 44 sts
Baris 30-33 : ulangi baris 2-5. Matikan benang.

Bagian Tangan Kiri.

Baris 1-10 : Kerjakan sama seperti pada pola bagian tangan kanan.

Ruas Jempol Kiri
Baris 11 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] kerjakan 20x, ch 2, 2 sc di sps. Bila pada ruas jempol kanan, bagian sc di setiap space yang dipasangi penanda adalah setiap sc terakhir, maka untuk ruas jempol kiri, pasang penanda diawal sc dan tambahkan setiap sc di awal.
Baris 12 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] kerjakan 20x, ch 2, 2 sc yang di sc yang ditandai, sc di sc selanjutnya -- total 3 sc di bagian ruas jempol. Ingat, pindah penanda di setiap sc pertama ruas ibu jari untuk bagian kiri sampai baris 26.
Baris 13-26 : [ch 2, sc di sc selanjutnya] kerjakan 20x, ch 2, 2 sc di tempat yang ditandai, sc di setiap sc sampai akhir -- total 17 sc di bagian ruas jempol pada baris ke 26.
Baris 27-33 : Kerjakan sama seperti pola bagian tangan kanan. 

Finishing :
Rapikan sisa benang yang masih menjuntai.

Demikian pola crochet wirsters ini. Selamat mencoba :)
Salam Rajut Merajut,



1 comment:

  1. mba ...makasih ya dah mau share polanya ��

    ReplyDelete

tinggalin komen,
atau mention @Noriez | @RajutMerajut untuk pertanyaan yg butuh respon cepat :D